Jumat, 25 November 2011

Askep Jiwa Terapi Aktifitas Kelompok Pasien Halusinasi

PRE PLANNING TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK (TAK) 
STIMULASI PERSEPSI PADA KLIEN DENGAN HALUSINASI 
DI RUANG XII (GRAHA MADRIM) RUMAH SAKIT JIWA DAERAH
 Dr. AMINO GONDOHUTOMO SEMARANG


A. Tujuan Umum
Klien dapat mengungkapkan persepsinya terhadap stimulus realita yang ada dengan benar dan tepat

B. Tujuan Khusus
Klien mampu:
1. Mengikuti TAK dengan benar sesuai dengan ketentuan.
2. Menginterpretasikan apa yang dilihat/didengar/diraba/dirasakan dengan benar dan tepat.
3. Berdiskusi dengan peserta yang lain tentang apa yang dilihat didengar diraba dirasa
4. Mengungkapkan perasaannya setelah mengikuti kegiatan

C. Kriteria Peserta
Klien dengan halusinasi penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecapan, dengan pencapaian TUK ke-3 (pada klien dengan jenis halusinasi yang sama).

D. Jenis TAK Stimulasi Persepsi 
Mendengar tape/radio

E. Setting Kegiatan 
1. Perawat berdiri dari satu orang leader, satu orang atau lebih fasilitator, satu orang observer (peran fasilitator dapat digabung dengan observer).
2. Leader memimpin kegiatan
3. Dilakukan di teras bagian belakang Ruang XII (Graha Madrim).
4. Posisi duduk berupa lingkaran atau letter “U”

F. Alat dan Media
Tape recorder dan kaset.

G. Metode
1. Diskusi
2. Tanya jawab

H. Setting Tempat
Tempat pelaksanaan kegiatan di teras belakang Ruang XII (Graha Madrim).

Keterangan:

: klien

: perawat :   1. Observer
                 2. Leader
                                3. Co. leader
                 4. fasilitator


I. Waktu
Pelaksanaan : tanggal 7 Mei 2005
Jam : 07.00 WIB (± 20 menit)

J. Pengorganisasian
Leader :  Indra Tri astuti
Co Leader:   Atiek Murharyati
Observer : Ahmad Asyrofi
Fasilitator : Muh. Mukhlis Sujudi, Diyah Candra A K, Halimatul Mufidah.

K. Langkah-langkah Kegiatan
1. Pearwat mengumpulkan peserta dengan jenis halusinasi yang sama dan diminta duduk dengan sesuai dengan tempat yang ditentukan.
2. Leader berdiri atau duduk ditengah peserta, lalu mengucapkan salam dan memperkenalkan diri serta fasilitator.
3. Leader menjelaskan tujuan dan aturan kegiatan serta kontrak waktu dengan peserta.
4. Leader melakukan kegiatan menghidupkan TV/radio/tape.
5. Setelah kegiatan dihentikan diminta masing-masing peserta untuk menyampaikan apa yang telah dia lihat/dengar/rasa/raba.
6. Diminta masing-masing peserta untuk memberiakn tanggapan terhadap pendapat temannya.
7. Leader dan fasilitator memberiakn reinforcement positif terhadap jawaban yang benar.
8. Leader menjelaskan keadaan realita dengan benar dan jelas pada peserta.
9. Leader menyimpulkan kegiatan dan meminta masing-masing peserta untuk mengungkapkan perasaannya setelah mengikuti kegiatan.
10. Leader menutup kegiatan.



L. Evaluasi
1. Evaluasi struktur
a. Leader, fasilitator melakukan kegiatan sesuai dengan perannya.
b. Kegiatan berlangsung pada tempat dan waktu yang disepakati
c. Tersedianya alat/media.
2. Evaluasi Proses
75% peserta dapat mengikuti kegiatan sampai selesai.
3. Evaluasi Hasil
60% peserta mampu menyampaikan pendapatnya tentang apa yang dilihat/didengarnya dengan benar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Photobucket